Latest Updates

Cara Belajar Stoppie,Wheelie,Burn out


Freestyle motor ada 3 teknik Dasar yaitu:
1.Stoppie
2.Wheelie
3.Burn Out

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:

Aksi Stoppie
Dikalangan Freestyler atau stunt man Trik ini bisa disebut dengan stoppie, nose wheelie atau endo (end over end).Trik berkendara sepeda motor dimana roda belakang diangkat naik dan sepeda motor itu ditunggangi bertumpu di roda depan,membuat perasaan anda akan jatuh dan wajah anda mencium tanah.Yang harus di perhatikan dalam aksi stoppie ini anda membutuhkan sepeda motor tentunya,helm berstandar DOT/SNI dengan
visor bening,sarung tangan,pelindung badan jaket,celana jins,sepatu,pelindung siku dan lutut.
Trik Stoppie antara lain:
1. Cari tempat lapangan dan aman atau dijalan yang sepi tidak ada orang sama sekali,ingat jangan dilakukan di jalan raya.Masukkan gigi 1 dan jalankan sepeda motor perlahan_lahan,kira_kira 20/30 km/jam sebagai permulaan.
2. Mengatur posisi badan agak nungging dengan tangan menekan setang untuk memindahkan beban ke sokbreker depan.
3. Tekan tuas rem perlahan sampai roda depan terkunci, ini untuk merasakan respon disk brake.
4. Saat ban belakang mulai terangkat,tetap tarik tuas rem,saat ban belakang/buntut motor udah kelewat tinggi,lepas tuas rem depan agar roda depan berputar dan roda belakang kembali turun.
5. Ketika ban belakang terhempas k aspal, buka gas dengan halus sambil mengatur keseimbangan badan.
6. Untuk menjaga keseimbangan badan,jangan menginjak pedal rem belakang saat wheelie.
7. Lakukan latihan dasar ini secara berulang_ulang sampai anda pede dengan kecepatan lebih tinggi dan roda belakang terbang tinggi.

Stoppie 1
Stoppie 2
Rider
Nah kita masuk langkah ke_2 yaitu wheelie atau bisa disebut standing.
Wheelie
Saya bakal ngajarin cara standing pake motor sport, saya pake motor yamaha scorpio  225cc. Sebelum melakukan wheelie ada baiknya motor yang kita pake harus sedikit di modifikasi, saya cukup mengganti gir belakang dengan ukuran 50 dari standar 42, mengganti per kopling standar dengan merk racing, mesin standar tidak ada yang di rubah. Jangan lupa sebelum melakukan aksi wheelie kita harus memakai pelindung diantaranya; sarung tangan, helm dengan standar SNI/DOT, jaket, pelindung siku, lutut, sepatu. Cara'nya:
1. Mengatur posisi duduk sebelum wheelie
  Mengatur posisi duduk saat wheelie ada tekniknya....dalam keadaan posisi motor jalan perseneling gigi 1 dengan duduk biasa dalam mengendarai motor dengan menekan rem depan badan agak menekan sokbreker depan lalu sok depan akan mengangkat untuk membatu wheelie kondisis badan agak menarik stang ke belakang kemudian buka gas sedikit_sedikit antara 3000/4000 rpm (pada motor scorpio 225) bersamaan kopling di lepas secara kaget, jangan lupa kaki siap menginjak rem belakang.
''roll on power wheelie''
2. Dalam keadaan wheelie
 kita harus bisa menyeimbangkan badan supaya motor bisa stabil saat ban depan naik ke atas. lalu masukan perseneling gigi 2, tarik putaran gas agar tidak membiarkan roda depan motor turun karena inersia, dan menemukan titik keseimbangan yang di atas motor anda adalah roda depan tetap di udara. Titik keseimbangan dapat ditemukan dengan bersandar pada sisi belakang motor, sehingga pusat gravitasi dari seluruh sistem (Anda dan motor) berada di tengah, dan Anda dapat bertahan lama. Namun berhati-hati jangan sampai menggeser posisi tubuh di sisi belakang, karena Anda akan cenderung jatuh, dan rem belakang Anda tetap siap untuk situasi seperti itu.  

Masuk trik yang terakhir adalah burn out.
Trik burn out ini lebih gampang dari trik stoppie dan wheelie, caranya:
1. Motor dalam keadan standbye lalu masukan perseneling gigi 1 dengan menekan rem depan oleh dua jari kanan sementara jari sebelah kiri menarik kopling kemudian putar gas sedikit_sedikit antara 7000-8000 rpm dengan membuka kopling perlahan_lahan sambil menjaga rem depan yang digenggam erat.
2. Pastikan badan anda berdiri tegak dengan kaki membentuk hurup A sehingga paha anda dan lutut menahan sepeda motor jika terlalu banyak ke kanan atau terlalu banyak ke kiri.
3. Terus mempercepat gas supaya ban belakang banyak membuat asap. Setelah selesai, tarik di kopling atau melepaskan gas dengan ibu jari kanan anda.


 SELAMAT MENCOBA!!
 Sumber :